Pelaku Kejahatan Bertindak Adanya Niat dan Kesempatan

by

Polres Trenggalek – Patroli Polsek Pule Polres Trenggalek saat melakukan dialogis dengan salah satu warga desa Pule yang dikunjunginya, dalam mengingatkan kepada warga agar selalu menjaga kewaspadaan terhadap bahaya kriminal yang dimungkinkan bisa muncul seperti adakalanya tindak pencurian yang merupakan kejahatan konvensional yang tidak bisa dihapus, itu pada Senin malam ( 26/ 3).

 

 

Dalam kegiatan patroli Polsek Pule Polres Trenggalek yang mengikutkan Kamit Provos Imam Mansur, KSPK Aiptu Nurhadi dan juga Bhabinkamtibmas Polsek Pule Brigadir Yohan. Mereka tidak bosanya dalam bersosialisasi terhadap pencegahan tindak kejahatan saat berdialogis dengan warga, seperti dalam kegiatan yang dilakukan malam ini melalui penyampaian munculnya tindak kejahatan dan pencegahannya dalam suasana ringan dengan warga.

 

 

” Ada berbagai faktor penyebab terjadinya suatu tindak kejahatan. Sebagai kenyataannya bahwa manusia dalam pergaulan hidupnya sering terdapat penyimpangan terhadap norma – norma, terutama norma hukum, ” kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Brigadir Yohan mengawali pembicaraanya.

 

Di dalam pergaulan manusia bersama, penyimpangan hukum ini disebut sebagai kejahatan atau pelanggaran. Dan kejahatan itu sendiri merupakan masalah sosial yang berada di tengah – tengah masyarakat, dimana si pelaku dan korbannya adalah anggota masyarakat.

 

 

Secara umum ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya sebuah kejahatan. Pertama adalah faktor yang berasal atau terdapat dalam diri si pelaku yang maksudnya bahwa yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan  sebuah kejahatan itu timbul dari dalam diri si pelaku itu sendiri yang didasari oleh faktor keturunan dan kejiwaan (penyakit jiwa).

 

 

Faktor yang kedua adalah faktor yang berasal atau terdapat di luar diri  pribadi si pelaku. Maksudnya adalah, yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan sebuah kejahatan  itu timbul dari luar diri si pelaku itu sendiri  yang didasari oleh faktor rumah tangga dan lingkungan.

 


Sumber : Halo

No More Posts Available.

No more pages to load.